Cara Menghilangan Bekas Jerawat Secara Alami Yang Bisa Dicoba

Cara Menghilangan Bekas Jerawat Secara Alami Yang Bisa Dicoba

Cara Menghilangan Bekas Jerawat Secara Alami Yang Bisa Dicoba – Jerawat terjadi ketika Anda mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara alami? Tentunya masalah ini pernah menjadi beban pikiran bagi siapa pun yang bermasalah dengan jerawat. Pasalnya bekas jerawat memang bisa membuat kulit terlihat kurang mulus.

Setiap perubahan pada hormon dapat menyebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak dari biasanya, yang kemudian menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan memungkinkan bakteri tumbuh. Tetapi sayangnya, jerawat memang sering kali dapat menimbulkan masalah lanjutan yang juga sulit ditangani, yakni bekas jerawat. Jika kamu pernah mencoba untuk mengambil tindakan sendiri atau menjadi tidak sabar, kamu akan tahu bahwa jerawat bisa jadi meninggalkan bopeng bekas jerawat.

Berikut Adalah Tips Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami :

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa dicoba. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan pencerah alami seperti pepaya, lemon, tomat, yogurt, dan kentang.

1. Oleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi antibakteri, sehingga dianggap berguna untuk memperbaiki masalah kulit dan menjaga kesehatan kulit. Ada beberapa alasan mengapa mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengurangi bopeng bekas jerawat.

2. Oleskan sari lemon

Lemon dapat berfungsi sebagai pemutih alami dan membantu mencerahkan segala jenis bekas luka di kulit. Lemon dapat mengangkat sel kulit mati, meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit.

3. Gunakan minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang kaya akan kandungan vitamin E dan asam lemak sehat.

Berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak kelapa:

  • Oleskan minyak kelapa hangat ke bagia bopeng bekas jerawat
  • Pijat lembut selama 5 hingga 10 menit
  • Biarkan selama satu jam
  • Bilas dengan air hangat
  • Ulangi sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu

4. Konsumsi makanan sumber vitamin E

Vitamin E adalah sahabat terbaik bagi kulit. Salah satu dari banyak alasannya adalah karena vitamin E diketahui membantu regenerasi sel. Zat dari kapsul bisa digunakan untuk memijat wajah. Namun, vitamin E juga dapat diperoleh dengan konsumsi makanan tertentu, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

5. Baking Soda

Baking soda atau soda kue dapat bekerja sebagai exfoliant ringan untuk membantu memudarkan jaringan parut atau bopeng bekas jerawat.

6. Oleskan cuka apel

Sifat asam cuka sari apel membantu mencerahkan pigmentasi pada kulit. Cuka apel juga dilaporkan dapat merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel dan mengangkat sel kulit mati.

7. Oleskan kentang

Kandungan pati yang tinggi dalam kendang dapat membantu memudarkan noda maupun bopeng bekas jerawat di wajah.

  • Parut 1 kentang dan saring dengan kain untuk mendapatkan sarinya
  • Oleskan ini ke bagian kulit yang muncul bekas jerawat
  • Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas Anda juga bisa mencoba memotong kentang menjadi irisan tebal
  • Gosokkan irisan kentang tersebut ke kulit selama satu menit
  • Biarkan sari kentang di wajah Anda selama 15-20 menit
  • Setelah itu, bilas dengan air dingin
  • Ulangi langkah tersebut setiap hari atau sesuai kebutuhan

8. Manfaatkan kunyit

Kurkumin, bahan aktif yang terkandung di dalam kunyit mengandung khasiat penyembuhan kulit. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membantu memudarkan bopeng bekas jerawat.

9. Gunakan madu

Madu memiliki khasiat antibiotik dan penyembuhan. Madu dapat dimanfaatkan untuk membantu membersihkan jerawat maupun menghilangkan bopeng bekas jerawat.

10. Gunakan Mentimun

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang ada pada mentimun sangat bermanfaat bagi kulit. Mentimun juga mampu untuk menghidrasi kulit.

Perlu dipertimbangkan, pada penggunaan pertama kali berbagai bahan alami di atas (bukan yang untuk dimakan), akan lebih baik jika dilakukan tes iritasi atau alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit bahan pada bagian kulit yang muncul bopeng bekas jerawat.

Apabila dalam 10-15 menit setelah didiamkan tidak ada keluhan apapun, barulah Anda dapat melanjutkan pemakaian bahan alami tersebut untuk menghilangkan bekas bopeng bekas jerawat. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjada kebersihan kulit wajah dan mengurangi faktor pemicu timbulnya bopeng bekas jerawat, seperti makanan yang tinggi gula, makanan cepat saji, berlemak, dan berasal dari susu. Apabila keluhan bopeng bekas jerawat tidak kunjung membaik, akan lebih baik jika Anda segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Spesialis Kulit.

Pos terkait