Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan – Habbatussauda atau lebih dikenal sebagai jintan hitam, merupakan tanaman herbal yang juga dapat dibuat untuk obat. Orang telah menggunakan bijinya untuk membuat obat selama lebih dari 2000 tahun. Itu bahkan ditemukan di makam Raja Tut atau Nebkheperure Tutankhamun, Firaun Dinasti ke-18.

Secara historis, khasiat habbatussauda telah digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, asma, radang sendi, infeksi, hingga cacingan. Studi praklinis telah menunjukkan efek menguntungkan dari habbatussauda.

Pemilik nama ilmiah Nigella sativa ini, termasuk jenis tumbuhan berbunga kecil yang banyak ditemukan di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan. Khasiat habbatussauda bisa diperoleh tubuh dengan mengonsumsi ekstraknya, mencampur dalam salad, atau dari minyak jintan hitam. Akibatnya, kadang-kadang habbatussauda disebut sebagai “obat mujarab”.

Ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa khasiat habbatussauda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan, melawan kanker, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi alergi dengan bertindak sebagai antihistamin.

Berikut Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan :

1. Tinggi Antioksidan

Khasiat habbatussauda yang pertama ialah tinggi antioksidan. Senyawa tanaman ini membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Secara khusus, minyak jintan hitam kaya akan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

Seperti dikutip dari National Institutes of Health (NIH), antioksidan penting untuk kesehatan. Ini dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker

2. Meredakan Asma

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda bersama dengan obat asma, dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada beberapa penderita asma.

Asma adalah kondisi kronis di mana lapisan saluran udara membengkak dan otot-otot di sekitarnya mengerut, sehingga sulit bernapas. Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak jintan hitam, dan khususnya timokuinon dalam minyaknya, dapat membantu dalam mengobati asma dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot-otot di saluran napas.

Satu studi yang dipublikasikan oleh NIH, pada 80 orang dewasa penderita asma menemukan bahwa mengonsumsi 500 mg kapsul minyak habbatussauda dua kali sehari selama 4 minggu. Secara signifikan meningkatkan pengendalian asma.

3. Menurunkan Kadar Diabetes

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah tinggi secara konsisten terbukti meningkatkan risiko komplikasi, termasuk sakit ginjal, penyakit mata, dan stroke.

Beberapa penelitian pada individu dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa dosis 2 gram habbatussauda per hari dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah selama 2-3 bulan. Sementara sebagian besar penelitian menggunakan bubuk habbatussauda dalam kapsul, minyak jintan hitam juga terbukti sama efektifnya.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Khasiat habbatussauda juga telah dipelajari untuk keefektifan potensinya dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Seperti mengutip dari NIH, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang tinggi merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung.

Sebuah studi, pada 90 orang dengan kadar kolesterol tinggi mengamati bahwa mengonsumsi 2 sendok teh (10 gram) minyak jintan hitam setelah makan pagi selama 6 minggu secara signifikan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

5. Membantu Upaya Penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat habbatussauda dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada individu dengan obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

Berdasar riset yang diterbitkan oleh NIH, selama 8 minggu, 90 wanita usia 25-50 dengan obesitas diberi diet rendah kalori dan plasebo atau 1 gram minyak jintan hitam per makanan dengan total 3 gram per hari.

Pada akhir penelitian, mereka yang mengonsumsi habbatussauda telah kehilangan berat badan dan lingkar pinggang secara signifikan lebih banyak daripada kelompok plasebo. Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, diperlukan lebih banyak penelitian lagi.

6. Melindungi Kesehatan Otak

Neuroinflamasi adalah peradangan jaringan otak. Kondisi yang dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Penelitian menunjukkan bahwa timokuinon dalam habbatussauda dapat mengurangi peradangan saraf.
Oleh karena itu, khasiat habbatussauda dapat membantu melindungi otak dari gangguan, seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Sebuah studi dari NIH, pada 40 orang dewasa tua yang sehat menemukan peningkatan yang signifikan dalam ukuran memori, perhatian, dan kognisi. Setelah mereka mengonsumsi 500 mg kapsul ekstrak habbatussauda selama 9 minggu.

7. Efek Antikanker

Studi tabung reaksi telah menunjukkan thymoquinone dalam minyak habbatussauda untuk membantu mengontrol pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis sel kanker.

8. Mengurangi Gejala Rheumatoid Arthritis

Karena efek anti-peradangan dari habbatussauda, sebuah penelitian terbatas, menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi peradangan sendi pada orang dengan rheumatoid arthritis.

Itulah beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan.

Semoga Bermanfaat Sahabat Muslim.

Barakaalahu Fiikum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.