Tips Cara Mengatasi Nyeri Saat Sedang Menstruasi, No 5 Patut Dicoba

Tips Saat Sedang Menstruasi, No 5 Patut Dicoba

Tips Cara Mengatasi Nyeri Saat Sedang Menstruasi, No 5 Patut Dicoba –  Perubahan hormon yang terjadi ketika siklus menstruasi tiba sering membuat rasa tidak nyaman. Padahal ada cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sehingga bisa merasa nyaman saat menstruasi.

Rasa tidak nyaman di sekitar perut saat wanita sedang menstruasi adalah hal yang umum.  Biasanya rasa tidak nyaman ini bisa dimulai sejak pra-haid sampai beberapa hari saat menstruasi. Selama menstruasi, otot-otot rahim wanita akan berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk.

Pada kondisi ini, wanita terkadang akan mengalami kram perut, yang merupakan tanda otot rahim sedang bekerja. Sedangkan beberapa wanita lainnya bisa jadi mengalami kram yang disertai dengan rasa mual, muntah, sakit kepala, dan bahkan diare. Tingkatan nyeri haid yang dirasakan tiap wanita memang dapat bervariasi. Tips Saat Sedang Menstruasi, No 5 Patut Dicoba

Cara Mengatasi Nyeri Saat Sedang Menstruasi

Untuk kram perut ringan dan sementara akibat haid, beberapa pengobatan rumahan tersedia guna membantu meredakannya. Berikut ini beberapa tips saat sedang menstruasi untuk meredakan nyeri yang dapat dicoba:

1.Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat yang dijual bebas Melansir Health Line, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) adalah bentuk pereda nyeri utama yang dijual bebas yang direkomendasikan untuk nyeri haid dan perdarahan menstruasi yang berat.

NSAID termasuk ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve).Obat-obatan ini dapat membantu menurunkan produksi prostaglandin dalam tubuh. Seperti diketahui, ada pendapat yang mengaitkan penyebab nyeri haid dengan hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh endometrium (lapisan terdalam rahim yang luruh saat haid), yang menyebabkan kontraksi rahim dan mengakibatkan nyeri.

2. Kompres panas

Menerapkan panas ke perut dan punggung bawah saat mengalami nyeri haid dapat mengurangi rasa sakit. Sebuah studi pada 2012 yang berfokus pada 147 wanita berusia 18 hingga 30 tahun yang memiliki siklus menstruasi teratur menemukan bahwa heat patch pada suhu 40 derajat Celsius sama efektifnya dengan ibuprofen. Jika tidak memiliki botol air panas atau bantal pemanas, Anda bisa memilih untuk mandi air hangat atau gunakan handuk panas

3. Pijat

Memijat dengan minyak esensial Terapi pijat selama kurang lebih 20 menit dapat membantu mengurangi nyeri haid. Sebuah studi pada 2010 mengamati 23 wanita dengan nyeri haid yang disebabkan oleh endometriosis. Para peneliti menemukan bahwa pijat dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit segera dan sesudahnya. Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu seperti di sekitar perut, bagian perut samping, dan punggung. Menambahkan minyak esensial untuk gaya pijat aromaterapi mungkin memiliki manfaat tambahan

4. Menghindari makanan tertentu saat menstruasi

Sebaiknya wanita menghindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Beberapa makanan penyebab terbesar kondisi tersebut, termasuk: Makanan berlemak Alkohol Minuman berkarbonasi Kafein Makanan asin Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami Mengurangi atau menghentikan makanan ini dapat membantu meredakan kram dan mengurangi ketegangan saat mengalami nyeri haid. Sebagai gantinya, cobalah teh jahe atau mint yang menenangkan (bebas kafein) atau air panas yang diberi rasa lemon. Jika Anda membutuhkan rasa manis, lebih baik ambil camilan buah-buahan seperti stroberi atau raspberry.

Baca Juga : Hidup Sehat Dengan Makanan Bergizi 

5. Konsumsi Kunyit

Konsumsi kunyit Kurkumin, bahan kimia alami dalam kunyit, dapat membantu meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Sebuah studi pada 2015 mengamati 70 wanita yang mengonsumsi dua kapsul kurkumin selama 7 hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelahnya. Peserta melaporkan penurunan PMS yang signifikan. Kunyit diyakini ampuh mengatasi rasa nyeri berupa kram perut, karena kandungan kurkuminnya bisa menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam rahim. Namun, konsumsi kunyit atau olahan kunyit terlalu banyak sebagai obat nyeri haid juga tidak dianjurkan karena berisiko terserang sakit mag dan sakit perut.

6.Konsumsi Banyak Air

Konsumsi banyak air Kedengarannya mungkin aneh, tetapi minum air dapat membuat tubuh tidak menahan air dan membantu menghindari rasa kembung yang menyakitkan selama menstruasi. Air hangat atau panas biasanya lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram.

7. Lakukan Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan Ide untuk berolahraga segera sebelum atau selama menstruasi mungkin tidak menarik bagi para wanita. Tapi, olahraga nyatanya dapat melepaskan hormon endorfin. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga efektif dalam mengurangi nyeri haid dan bahkan dapat menghilangkan atau mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri.

Menjaga Kebersihan

Saat menstruasi, pasti menjadi lebih lembap, sehingga memicu berkembangnya bakteri dan jamur. Akibatnya, wanita lebih rentan mengalami sejumlah masalah, seperti gatal, keputihan, nyeri buang air kecil. Untuk mencegah sejumlah keluhan tersebut, berikut ini cara menjaga kebersihan saat menstruasi :

1. Gunakan Pakaian Dalam dari Bahan yang Menyerap Keringat

Langkah pertama dalam menjaga kesehatan vagina saat menstruasi adalah menggunakan celana dari bahan katun agar mudah menyerap keringat. Selain itu, hindari penggunaan celana dalam terlalu ketat agar area kewanitaan tidak lembap dan gatal.

2. Sering Mengganti Pembalut

Sering mengganti pembalut menjadi salah satu langkah menjaga kesehatan vagina saat menstruasi. Darah dan keringat yang menumpuk di vagina dan area sekitarnya mampu menjadi sarang pertumbuhan mikroorganisme yang mampu menyebabkan infeksi dan iritasi. Sebaiknya ganti pembalut setiap 3–4 jam sekali, meski volume darah tidak banyak.

3. Jangan Gunakan Pembalut Beraroma

Memakai pembalut tidak boleh yang memiliki kandungan pewangi atau parfum. Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Hal tersebut akan membuat kamu rentan mengalami gatal-gatal yang berujung pada keputihan. Sebaiknya pilih produk pembalut berlabel hipoalergenik yang aman bagi pemilik kulit sensitif.

4. Gunakan Pembalut Berdaya Serap Baik

Menggunakan pembalut berdaya serap baik akan membuat vagina tetap kering, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, serta bau tidak sedap. Jadi, temukan pembalut yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

Itulah tips saat sedang menstruasi, semoga bermanfaat untuk Sahabat Muslimah.

Barakallahu Fiikum.

Referensi :

https://health.kompas.com/read/2020/10/04/150200068/9-cara-menghilangkan-nyeri-haid-secara-alami-dan-dengan-bantuan-obat?page=all
https://www.halodoc.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-miss-v-saat-menstruasi

Pos terkait