Tips Lengkap, Berikut Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Tips Lengkap, Berikut Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami –  Sahabat hanan yang dirahmati Allah ta’ala.. untuk mendapatkan wajah bersih alami, ternyata kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana lho. Akan tetapi, cara merawat wajah juga harus dilakukan dengan cara yang tepat sehingga hasilnya bisa maksimal. Alasannya adalah karena setiap orang punya jenis kulitnya masing-masing. Perawatan yang salah akan memberikan efek yang kurang baik bagi kulit wajah kamu.

Tips Lengkap, Berikut Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Mengenal jenis kulit wajah dan perawatannya

Kulit wajah terbagi menjadi kulit normal, berminyak, kering, sensitif hingga kombinasi. Oleh karena itu, sebelum bisa merawat wajah dengan cara tertentu maka kamu pun wajib mengenal lebih dulu jenis kulit wajah kamu. Berikut ini beberapa jenis kulit wajah dan tips perawatannya:

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Kulit wajah sensitif

Memiliki kulit wajah yang sensitif adalah kulit yang umumnya sering rewel. Jenis kulit ini amat mudah untuk mengalami iritasi serta alergi pada produk tertentu sehingga mudah sekali merah, gatal, hingga mengelupas. Perawatan kulit sensitif juga berbeda dengan wajah lainnya, yaitu:

  • Untuk kamu pemilik kulit wajah sensitif, ada baiknya untuk mengetahui dulu faktor pemicu munculnya wajah sensitif itu.
  • Pakailah sabun yang lembut lalu bilas memakai air hangat. Ketika mencuci wajah, jangan menggosok wajah dengan keras namun usap lembut saja.
  • Produk perawatan wajah yang kamu pakai ada baiknya tidak mengandung alkohol, pewangi hingga asam. Produk perawatan kulit dengan kandungan chamomile, green tea, hingga gandum dan lidah buaya akan baik untuk Anda.
  • Jangan lupa selalu memakai tabir surya sehingga bisa melindungi kulit kamu dari sinar UV.
  • Jaga konsumsi air dan makanan kamu sehingga bisa pilih makanan dan minuman sehat yang akan berpengaruh juga pada kesehatan kulit.

Kulit wajah normal

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah normal maka harus bersyukur karena jenis kulit ini punya keseimbangan antara kandungan air dan minyaknya sehingga tidak kering namun juga tidak berminyak. Jenis kulit normal umumnya jarang sekali memiliki masalah pada kulit dengan pori yang hampir tak terlihat, tak berminyak dan seolah terlihat bercahaya dan lembab.

Cara perawatannya sendiri amat mudah yakni bisa dirawat dengan produk wajah normal:

  • Pakai sabun pembersih wajah harus lembut dan jangan menggosoknya terlalu kasar ketika mencuci.
  • Bilas wajah sampai bersih.
  • Keringkan, lalu kamu bisa mengaplikasikan pelembab ke wajah dengan krim yang cocok.

Kulit wajah kering

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, biasanya jenis kulit ini mudah sekali merah, gatal dan kasar serta bersisik hingga bahkan meradang. Pori-pori pada jenis kulit yang kering umumnya hampir tidak terlihat dan permukaan luar kulitnya kasar serta kusam sehingga terlihat kurang elastis.

Biasanya kulit wajah yang kering dikarenakan oleh faktor genetik, perubahan hormon, paparan sinar matahari, cuaca dingin, mandi air panas yang terlalu lama dan bahkan karena penggunaan perawatan wajah yang tidak cocok. Bagi pemilik wajah kering, perawatannya adalah dengan cara berikut ini:

  • Pilih perawatan untuk kulit kering sehingga bisa memberikan kelembaban yang ekstra ke kulit.
  • Menggunakan pembersih wajah lembut serta tak mengandung parfum dan alkohol.
  • Hindarilah mandi atau mencuci air memakai air hangat yang terlalu lama.
  • Pastikan untuk selalu memakai pelembab seusai mencuci wajah.
  • Pilih sabun dengan bahan melembabkan misalnya oatmeal atau emolien.
  • Pastikan untuk selalu memakai tabir surya ketika akan keluar rumah sehingga bisa meminimalisir efek sinar UV yang kurang baik untuk wajah.
  • Jika kamu ada di ruang AC dalam waktu cukup lama, maka ada baiknya mengaplikasikan pelembab berulang dan banyak minum air

Kulit wajah berminyak

Biasanya jenis kulit wajah yang berminyak umumnya adalah lantaran produksi sebum. Fungsi sebum sebetulnya adalah untuk melembabkan kulit, namun jika produksinya berlebih, maka kulit wajah pun akan jadi berminyak serta menjadikan pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Faktor yang memicunya diantaranya adalah genetik, hormon hingga stres. Untuk perawatan wajah pada kulit berminyak diantaranya:

  • Rajin-rajinlah dalam cuci muka tiap hari yakni dua kali sehari dan hindari produk wajah dengan kandungan deterjen.
  • Bawalah selalu kertas minyak kemanapun kamu pergi karena kertas minyak ini sewaktu-waktu bisa meminimalisir adanya kelebihan minyak di wajah meskipun memang tidak bisa mencegah sebum berlebih.
  • Jika kamu memilih kosmetik, ada baiknya untuk memilih kosmetik yang berbahan clay yang mampu membantu dalam menyerap minyak yang ada di kulit wajah serta mampu mengobati kondisi kulit yang sedang dalam kondisi tidak baik.
  • Masker alami yang bisa digunakan dalam kontrol minyak diantaranya masker madu, lemon, telur, lidah buaya, tomat dan masker almond.
  • Tak hanya dalam hal perawatan wajah saja, namun juga harus dalam hal konsumsi makanan juga misalnya makanan yang digoreng, tinggi gula serta makanan olahan ada baiknya untuk dihindari.
  • Jika kondisi kulit sedang berminyak, ada baiknya mengurangi pemakaian make up misalnya foundation dan pilih produk yang berbasis air.

Demikianlah tips merawat kulit wajah, semoga kamu yang di rumah sudah paham mengenai jenis kulit masing-masing, dan cara merawatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.